Minggu, 10 Mei 2020

Jawaban Ujian Akhir Semester

Mata Kuliah Pengantar Bisnis

Nama   : Tasya Dhea Meilita
NIM      : 01219068
Kelas    : Manajemen A-01

1. Dalam mengelola sebuah bisnis, para pebisnis dihadapkan pada lingkungan internal dan eksternal. Sebutkan berbagai pihak (siapa 
saja) yang ada pada lingkungan tersebut dan bagaimana peran mereka
Jawab : 
- Untuk itu seharus pihak sektor formal harus dalam lingkungan eksternal karena sektor formal adalah para pekerja yang membutuhkan tingkat pendidikan yang memadai. Jika karyawan dan organisasi atau manajer mempunyai tujuan  dan maksud tertentu yang sama maka organisasi akan berjalan dengan efektif dan tercapainya tujuan persuhaan. Tetapi kondisi tersebut tidak mudah dijelaskan dan dilaksanakan. Akibatnya sering terjadi tarik menarik kekuatan antara keduanya.
Dan sebaliknya, pihak sektor informal harus berada di internal karena  merupakan para pekerja yang bekerja di lingkungan usaha tidak resmi jadi tugas mereka harus memaksimalkan kebisniaan.

2. Etika bisnis sangat penting bagi kelangsungan dan kelangenggan suatu usaha.
a. Apakah yang di maksud etika bisnis
Jawab : 
- Etika Bisnis dapat menjadi standar dan pedoman bagi seluruh karyawan termasuk manajemen dan cara untuk melakukan kegiatan bisnis yang mencakup seluruh aspek yang berkaitan dengan perusahaan dan aturan yang tidak tertulis, menjadikannya sebagai pedoman dengan adil sesuai dengan hukum yang diberlakukan negara, serta tidak tergantung pada kedudukan individu atau perusahaannya di dalam masyarakat.

b. apakah yang di maksud Corporate Social Responsibility ( CSR ) dan berilah contoh penerapannya
Jawab :
- Suatu mekanisme perusahaan untuk secara sadar mengintegrasikan sebuah perhatian terhadap lingkungan sosial ke dalamsuatu konsep atau tindakan yang dilakukan oleh perusahaan sebagai rasa tanggung jawab perusahaan terhadap social maupun lingkungan sekitar dimana perusahaan itu berada, seperti melakukan suatu kegiatan yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
Contoh : Unilever 
- Dikenal dengan layanan CSR yang luas yang menjangkau seluruh wilayah Indonesia. Empat pilar CSR Unilever antara lain lingkungan, nutrisi, higiene, dan juga pertanian. Program-program CSR Unilever yang sudah dikenal luas dimasyarakat antara sosialisasi mencuci tangan dengan menggunakan sabun, program edukasi seputar kesehatan gigi dan mulut, kampanye mencintai kuliner-kuliner asli Indonesia, dan juga memerangi kelaparan dan gizi buruk yang menhantui masyarakat kurang mampu.

3. Bentuk usaha sangat penting bagi legalitas suatu usaha. oleh karena itu suatu usaha perlu memiliki struktur organisasi untuk memperjelas peran sumberdaya yang ada.
a. Sebut dan jelaskan ciri-ciri bentuk usaha!
Jawab : 
Usaha yang didirikan oleh suatu kesatuan yuridis, baik perorangan maupun sekelompok orang, yang bertujuan untuk mencari laba atau keuntungan.
- Tanggung jawab tidak terbatas dan bisa melibatkan harta pribadi.
- Tidak ada pajak, yang ada adalah pungutan dan retribusi.
- Sulit mengatur roda perusahaan karena diatur sendiri.
b. Gambarkan satu jenis organisasi!

4. Kemampuan manajer sangat penting dalam mengelola operasional perusahaan. ada 3 kemampuan manajer yaitu: Conceptual skills, Human skills, dan Technical skills. Jelaskan penerapan kemampuan tersebut.
Jawab : 
- Conceptual skills
Pemahaman manajer entang kerjasama setiap unit kerja dalam organisasi beserta pemahaman tentang ketergantungan satu unit kerja dengan unit kerja lainnya, perubahan pada suatu unit kerja juga akan mempengaruhi unit kerja atau bagian lainnya.
- Human skill
Pemahaman manajer untuk berinteraksi secara efektif dengan anggota organisasinya serta membangun pemahaman dan usaha kooperatif dalam tim yang dipimpinnya. Keterampilan ini akan memungkinkan para manajer untuk menjadi pemimpin dan memotivasi karyawannya untuk mendapatkan prestasi kerja yang lebih baik. 
- Technical skills
Kemampuan mental untuk mengkoordinasikan serta mengintegrasikan seluruh kepentingan dan kegiatan organisasi dan untuk mengungkapkan gagasan dan konsep mengenai situasi abstrak dan kompleks yang harus dihadapi oleh organisasi sebagai satu kesatuan.

5. Apabila saudara adalah seorang konsultan manajemen dan membantu merekomendasikan bentuk kepemilikan bisnis apakah yang tepat pada situasi berikut:
a. empat orang dokter ingin mendirikan praktek bersama dan masing-masing ingin memiliki kewajiban yang terbata
Jawab : 
Perseroan Komanditer (CV)
b. seorang teman ingin membuka toko kelontong miliknya sendiri.
Jawab 
Perusahaan Perseorangan (CV)
c. Seorang pengusaha ingin membeli bisnis baja besar
Jawab : 
Perseroan Terbatas (PT)
d. Lia orang teman ingin membangun sebuah komplek apartemen dan sangat memikirkan tentang tangung jawab terbatas
Jawab : Perseroan Terbatas (PT)

6. Saudara sudah mengamati sebuah bisnis yang erada di lingkungan sekitar tempat tinggal. jelaskan apakah hasil pengamatan yang menarik dan yang perlu memperoleh perhatian ( perlu dibantu pengembangannya)?
Jawab : 
Usaha kecil dari seorang penjual makanan keliling yang berada didaerah surabaya utara dan sekarang sudah memiliki depot makanan sendiri di pasar tradisional tersebut dan bahkan sudah mempunyai satu pegawai untuk membantu dirinya dalam melayani konsumen. Hingga akhirnya setahub yang lalu ia dapat membangun dan memimpin sendiri usaha yang ia jalani selama 10 tahun berjualan keliling. Ia menjadi pemilik depot makanan tersebut. Dengan kerja keras yang telah ia tekuni selama ini dan berkat jiwa entrepreneur  yang ia miliki, ia dapat mengelola dengan sangat baik usaha kecilnya, mendatangkan banyak pelanggan dan mempertahankan pelanggan tetapnya. 
Kekuatan usaha makanan tersebut adalah memilliki strategi  tersendiri agar tidak tersaingi oleh pedagang lainnya.lain karena itu akan terus berfikir karena perdagangan semakin ketat, maka dari itu mereka selalu mengeluarkan ide-ide membuat masakan yang enak dan nenciptakan nama makanan baru agar bisa mendapatkan pelanggan dan mempertahankan pelanggan lama.


#bangganarotama  
#missmanagement  
#narotamajaya 
#universitasnarotama  
#elinanarotama 
#kuliahdarirumah 
#ujiandarirumah
#thinksmart

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

5 kasus pelanggaran etika bisnis selama tahun 2021 di Indonesia.

  Nama    : Tasya Dhea Meilita NIM     : 012168 Kelas    : Manajemen A1 UAS ETIKA BISNIS ·         Sebutkan dan ulaslah secara sin...